19 Februari 2018

5 Cara Mudah untuk Meningkatkan Mood Kamu Setiap Hari

Pixabay
Mood jelek bukan karena emosi positif atau negatif yang selama ini dipahami banyak orang. Menurut Matthew Hutson, ia adalah kondisi (sementara) dimana seseorang dalam keadaan tidak ideal karena dipengaruhi banyak faktor. 

Penyebabnya bermacam-macam. Mulai dari bertengkar dengan pasangan, teman yang membuat masalah, keadaan di rumah yang tidak mendukung rencana besarmu, sampai pada hal yang sepele, seperti lupa menaruh benda kesayangan.

Seringkali faktor-faktor tersebut menjadi penghalang untuk melakukan sesuatu. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya bisa segera diselesaikan jadi tertunda. Waktumu juga seperti terbuang. Mengerjakan sesuatu jadi terpaksa dan tanpa semangat.

Kabar baiknya, keadaan demikian bisa diatasi, kok. Daripada mengkambinghitamkan mood yang sedang tidak bersahabat lebih baik melakukan sesuatu yang bisa dilakukan untuk mengembalikan mood menjadi baik. Dan, lima cara berikut ini bisa kamu coba untuk meningkatkan gairah dalam beraktivitas. Kelima cara ini dalam psikologi menggunakan sistem kerja otak dan didasarkan pada penelitian ilmiah tentang produktivitas seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membuat daftar urutan (to-do list)

cara menjadi produktif
Pexels
Pernahkan  kamu membayangkan apa yang akan dilakukan ketika nanti berada di suatu tempat? Atau pernahkah  kamu membayangkan apa yang akan dilakukan ketika mengunjungi teman, kerabat, famili atau kenalan? Apa yang akan dikerjakan ketika kamu sampai di kampus atau tempat kerja? Nah, bayangan-bayangan di kepala semisal tersebut adalah contoh dari membuat daftar. Setelah ini begini, kemudian akan begitu dan saya akan ke sana sebelum ke sini. Bingung, kan?

Tentu saja. Kondisi otak sedang 'meraba dalam gelap' sehingga dia butuh kejelasan akan dibawa kemana hubungan ini #loh. Keadaan yang demikian akan mengaburkan tindakan sehingga kamu perlu satu tindakan kecil sedikit saja: tulis! 


Tangan yang bergerak menulis daftar-daftar, mata yang melihat pada huruf, dan otak yang berpikir menciptakan kerjasama saraf dan otot sehingga memungkinkan kamu untuk memproduksi hormon metamin yang berfungsi meningkatkan mood baik. (tulisan ini juga awalnya hanya berbentuk daftar. Makanya bentuknya berpilah-pilah dan itu lebih memudahkan).

Dalam kegiatan pembelajaran dikenal satu metode yang dicetuskan oleh Tony Buzan bernama 'mind mapping'. Prinsip kerja dari metode itu menggunakan konsep peta warna-warni dengan tujuan membuat otak bekerja secara terarah dan meningkatkan daya ingat.

Contoh paling sederhana untuk membuat otak bekerja terarah adalah ketika membuat daftar belanjaan yang akan kamu beli, apakah dalam jumlah besar atau sedikit item, berapa banya jumlah uang yang akan dihabiskan dengan daftar belanjaan tersebut. Urusan menghitung uang dan stok barang kamu pasti membutuhkan Colorful Calculator #CasioMyStyle agar akurat dan tidak membengkak nominalnya. Intinya, harus ditulis. Jangan dibayangkan di angan-angan, berat. Kamu tak akan kuat. Biar aku saja hehe.



Casio Colorful Calculator

Cara melakukan: ambil secarik kertas. Bisa kertas rokok, kertas kemasan makan, atau buku tulis. Tulis daftar apa saja pada hari itu yang akan kamu lakukan. Kalau kamu tidak ingin menggunakan kertas, jaman sekarang aplikasi menulis daftar kan sudah banyak. Nah, manfaatkan aplikasi tersebut di handphone-mu. 


2. Membawa catatan kecil

Mirip dengan cara pertama, yakni aktivitas menulis sesuatu. Yang membedakan adalah kita membawa catatan kecil itu sebagai alat untuk mencatat sesuatu yang tak terduga. Buku kecil tersebut digunakan untuk mengabadikan sesuatu yang unik atau menarik perhatian baik di jalan, di tempat umum, mall, maupun di rumah teman. Sering kali ketika duduk santai atau tak ada aktivitas tiba-tiba muncul pikiran tertentu yang hal itu menguntungkan dan menyenangkan. Kadang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilakukan hari itu. 

Nah, di saat seperti itu catatan berperan sebagai pengikat. Seniman, penulis, pengusaha, dan guru sering menggunakan cara kedua ini karena pekerjaan mereka menuntut untuk tetap produktif dalam berbagai keadaan. Dalam sebuah film yang berdasarkan kisah nyata, Seorang pengusaha cemilan rumput laut sukses asal Thailand, Top Ittiphat, menggunakan kebiasaan membawa catatan ini untuk mencatat kejadian tertentu yang membuat usahanya sukses.

Atau juga mendengar sesuatu yang sangat bermanfaat dari orang lain, radio, dan televisi. Catatan-catatan kecil itu akan memicu untuk mengembangkan apa yang sudah didapat. Bahkan sering kali timbul pikiran yang berseberangan dengan apa yang telah kita tulis di catatan itu. 

Cara melakukan: Belilah buku kecil di toko ATK terdekat yang ada tempat ballpoint-nya. Bawalah ke mana saja kamu pergi. Keluarkan catatan itu saat kamu memiliki ide tiba-tiba dan tulis saat itu juga sebelum kamu lupa.

3. Mendengarkan musik baru

Evolver
Musik jenis apa yang kamu suka? Pop? Rock? Rock and Roll? Atau dangdut? Coba lihat kembali daftar beberapa musik yang ada di smartphone-mu. Kalau playlist-nya itu-itu saja berarti kamu perlu mengganti dengan musik yang belum pernah kamu dengarkan sebelumnya. Jika kamu ternyata menyukai musik baru itu teruskan untuk mendengarkannya sambil menikmati lirik yang dinyanyikan. 

Musik bahkan dapat memancing keluar daya kreasimu secara tidak kamu sadari. Mozart menciptakan berbagai instrumen musik ketika didengarkan akan menciptakan rasa damai bagi yang mendengarnya. Bayi yang berada di dalam kandungan juga baik diperdengarkan musik untuk memancing perkembangan otaknya sejak dini. Intinya, kalau kamu sedang badmood dengarkan musik kesukaanmu disertai dengan daftar musik baru. 

Cara melakukan: Periksa playlist musik kamu sekarang juga. Jika belum ada update lagu segera isi dengan lagu baru yang bisa kamum pilih berdasar penyanyi, lirik, maupun jenis musiknya.

4. Menata area kerja

Pxhere

Mood kamu bisa ikut berantakan ketika masuk kantor tapi meja kerja berserakan kertas-kertas tak terpakai, tumpukan tugas yang tidak teratur, gumpalan tisu habis dipakai, dan barang-barang tak berguna lainnya yang tidak pada tempatnya. Barang itu akan memicu otak untuk amburadul yang menjadi penyebab semangat kamu jadi ikut berantakan. 

Untuk menhindari itu pastikan semua itu tertata dengan baik agar kamu memiliki mood untuk mengerjakan pekerjaan hari itu.

Cara melakukan: Sebelum memulai pekerjaan singkirkan segera barang tak terpakai dari pandangan mata, susun kertas-kertas berdasarkan urutan prioritas. Letakkan foto orang tercinta bila perlu untuk menambah mood.

5. Memilih warna kesukaan 


Pernahkah kamu menyadari kenapa tampilan media sosial terbesar di dunia Facebook berwarna biru? Atau, coba perhatikan pilihan warna perusahaan aplikasi transportasi Go-jek yang didominasi warna hijau. Dominasi warna mobil belakangan ini kalau diperhatikan mayoritas hitam, putih, silver, merah. Lalu kenapa ada konsumen yang sampai rela antri hanya untuk memenuhi keinginannya dalam memilih warna kesukaan.

Dan, apa kamu sadar kenapa kenapa baju yang kamu pakai sekarang ini warnanya itu yang kamu pilih? Kamu tentu yang paling tahu alasan dan jawabannya. Yang pasti dari semua pilihan warna yang setiap orang berbeda selera bermuara pada satu tujuan: suka.

Ketika kamu suka maka alasan apapun tidak akan berpengaruh. Mau orang bilang apa juga sama, tidak ada pengaruh. Nah, ketika suka akan sesuatu karena warnanya maka kamu bisa dibilang memiliki ciri-ciri kepribadian tertentu (tes warna kepribadian di bagian akhir, seru!).

Sudah kamu cek belum apa warna kepribadianmu? Nah, kalau kamu sudah tahu apa saja warna khas yang menjadi ciri utamamu maka hal itu akan bermanfaat untuk membangkitkan mood dan tentu akan menjadikan kamu makin produktif menjalani hari. Jangan anggap persoalan warna itu sepele karena tanpa sadar hal itulah yang membuat kamu aktif dan memiliki banyak ide dalam keseharian.

Hal kecil yang didasarkan warna juga bisa menjadi pemicu untuk kamu berkarya lebih baik. Kalau kamu sedang menjalankan bisnis maka yang tidak boleh ketinggalan adalah berhitung. Butuh kalkulator kan supaya tidak keliru dalam menghitung stok dan transaksi dan lain-lain? Memilih kalkulator mungkin hal sederhana namun jika itu berdasarkan warna maka akan lain cerita. Apalagi angka-angka bagi sebagian orang membosankan. Tapi akan beda cerita kalau kalkulator yang kamu pilih sesuai warna kesukaan, seperti memilih warna kalkulator Casio My Style.

Pilihan warna yang banyak memberikan kamu sentuhan berbeda secara emosi dan mood. Lihat saja tampilannya yang bikin mata berbinar. Yang terpenting, kode promo memberikan kamu harga khusus saat kamu membeli kalkulator dan belanja lain di matahari mall. Gunakan kode promo ini untuk medapatkannya CASIOBLOGXN95A32 


Cara melakukan: Cek warna kepribadianmu melalui link ini. Setelah kamu mengetahuinya tentukan pilihan warna itu untuk dijadikan dasar kamu memilih barang seperti warna kalkulator di atas. Kalau mau beli jangan lupa kode promo di atas, ya. Kamu suka pilihan warna kalkulator yang mana, nih?



0 comments: